English EN Indonesian ID
Tari Rampak

Mahasvin Farm Aktif Mendukung Kegiatan Masyarakat Dusun Gebang


Dalam rangka menyongsong tahun baru 2022, tepat pada tanggal 1 Januari 2022, masyarakat Dusun Gebang, Sleman, Yogyakarta, mengadakan kegiatan bertema “Jalan Sehat Gebang Wisata Edukasi”. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari banyak pihak, salah satunya Mahasvin Farm.

Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB, diawali dengan sajian hadroh sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat hingga dipertemukan dengan tahun baru 2022. Lantunan sholawat Nabi Muhammad SAW terdengar begitu syahdu, seluruh masyarakat muslim tampak khusuk melantunkan kalimat-kalimat pujian terhadap Nabi Muhammad SAW.
Sementara masyarakat non muslim tampak begitu tenang menghormati serta menyaksikan sajian hadroh tersebut.

Setelah sajian hadroh selesai, kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat yang dimulai dari Candi Gebang kemudian menuju Embung Tambakboyo dan berakhir di Gebang Park. Jalan sehat tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam 30 menit.
Sesampainya di Gebang Park, kegiatan berikutnya yang diselenggarakan adalah senam massal. Antusiasme masyarakat Gebang sangat luar biasa, terlihat dari wajah mereka yang tampak bahagia mengikuti kegiatan tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan dari Ketua Pokdarwis, sambutan dari Pamong Kelurahan/Dukuh. Setelahnya ada pembagian doorprize yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh siapapun yang hadir.

Aswin Langgoso P – Founder Mahasvin Farm

Kemudian masuk kepada acara inti yakni Pemaparan Dewa Wisata Gebang Park yang disampaikan oleh Aswin Langgoso Putra selaku founder sekaligus pemilik Mahasvin Farm. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyampaikan materi kepurbakalaan Candi Gebang. Materi terakhir yang disampaikan adalah materi lingkungan hidup disampaikan oleh perwakilan dari Forum Komunitas Sungai Sleman.
Penyampaian beberapa materi tersebut dilakukan dalam rangka mendukung Dusun Gebang menuju Desa Wisata.

Tari Barongan
Tari Barong

Pada penghujung acara ditutup dengan kegiatan kesenian tradisional berupa Tari Rampak serta Tari Barong yang dibawakan oleh pemuda pemudi Dusun Gebang yang sangat berbakat. Dan yang tidak kalah menarik dari kegiatan kali ini adalah penandatanganan kesepakatan atau komitmen masyarakat Dusun Gebang pada sebuah spanduk yang bertuliskan, “Kami masyarakat Gebang sepakat, sepaham dan berkomitmen untuk membangun Dusun Gebang yang sejahtera, edukasi, religius, seni budaya dan wisata.” Ini benar-benar pernyataan sikap yang luar biasa, sikap gotong royong dan saling bahu-membahu masih melekat erat di kehidupan masyarakat Dusun Gebang, Sleman, Yogyakarta.

Artikel Terbaru